Senin, 05 Februari 2018

Sami Al Jaber : Kenangan saya tentang Piala Dunia


Sami Al Jaber mengahiri karir internasionalnya yang panjang pada tanggal 23 Juni 2006, sehari setelah tim Arab Saudi kalah dari Spanyol dan keluar dari Piala Dunia FIFA 2006 Jerman setelah berada di urutan terbawah grup mereka.
Tidak hanya itu pertandingan terakhir Al Jaber dengan Elang Hijau, ini juga merupakan pertandingan terakhir Piala Dunia mereka sampai saat ini, dengan Saudi kehilangan dua final dunia berikutnya sebelum lolos ke Rusia 2018. 
Hampir 12 tahun sejak mencetak gol terakhir dari gol finalnya di dunia, Al Jaber berbicara kepada tentang kenangan Piala Dunia dan betapa Rusia 2018 sangat berarti bagi pemain Arab Saudi.

FIFA.com : Kenangan apa yang Anda miliki dari empat Piala Dunia Anda?
Sami Al Jaber: Saya ingat semuanya sejak tahun 1994 dan seterusnya. Saya sangat bangga tampil di empat Piala Dunia berturut-turut. Bermain dalam kompetisi adalah pengalaman unik karena ada jutaan orang yang menonton Anda. Pada tahun 1994, jika Anda meminta orang-orang Amerika untuk berbicara tentang Arab Saudi mereka tidak akan tahu harus berkata apa. Sepak bola adalah cara yang sangat cepat untuk mengenal diri Anda.
Final dunia setelah itu sungguh menakjubkan. Saya cukup beruntung bisa mengikuti beberapa Piala Dunia dan menjadi pemain ikon di Arab Saudi. Ada banyak pemain berbakat di negara saya tapi tidak banyak yang mencetak gol di Piala Dunia. Saya memiliki kenangan yang jelas dari masing-masing kompetisi tersebut. 
FIFA.com : Pertandingan mana yang paling menonjol dalam karir Anda?

Sami Al Jaber : Yang melawan Tunisia di Allianz Arena di Munich pada 2006, sebuah permainan yang saya ikuti. Itu terjadi 12 tahun setelah penampilan pertama saya. Tuhan memberi saya anugrah yang indah untuk mengijinkan saya mengakhiri karir dengan mengulangi pencapaian itu. 
Ketika saya melewati satu lawan satu melawan penjaga gawang, saya melihat seluruh hidup saya sebagai pesepakbola berkelip di depan mata saya. Tujuan itu memungkinkan saya mengakhiri karir dengan catatan tinggi, sebelum saya mengumumkan masa pensiun saya.
 FIFA.com : Mengikuti penampilan internasional terakhir Anda di tahun 2006, Arab Saudi harus menunggu sampai tahun lalu sebelum kembali ke Piala Dunia. Kenapa menurutmu sudah lama?
Sami Al Jaber : Saya pikir kami memiliki serah terima dari satu generasi ke generasi berikutnya setelah tahun 2006 dan juga ada ketidak stabilan. Generasi saat ini layak untuk lolos, meski menurut saya separuh pemain akan bertarung dalam Piala Dunia terakhir mereka.
Usia rata-rata sedikit di atas usia 28 tahun dan saya tidak dapat melihat generasi ini sampai ke Piala Dunia berikutnya. Beberapa pemain muda akan memiliki kesempatan untuk menunjukkan apa yang bisa mereka lakukan dan bisa pindah ke Eropa. Mohamed Salah telah menunjukkan bahwa pintu liga Eropa terbuka bagi pemain dari negara-negara Arab yang lolos ke Piala Dunia.
FIFA.com : Dampak apa yang akan dimiliki pelatih baru di tim? Dan apa pandanganmu tentang Juan Antonio Pizzi mengambil alih?
Sami Al Jaber : Dia pria yang hebat dan pelatih yang baik. Dia mengambil beberapa pengalaman solid dengan Chile di Copa America dan Piala Konfederasi tahun lalu. Kami tidak memiliki pemain seperti [Alexis] Sanchez dan [Arturo] Vidal di Arab Saudi. Kompetisi yang Anda dapatkan di Piala Dunia jauh lebih sulit daripada di liga nasional kita.
Pelatih Pizzi telah membawa kebugaran yang sangat baik yang bekerja di Valencia, dan para pemain harus bekerja keras karena liga domestik tidak cukup baik jika Anda ingin memiliki kebugaran yang Anda butuhkan untuk Piala Dunia. Aku harus tahu semua tentang itu. 
FIFA.com : Apa pendapat Anda tenteng grup Arab Saudi?
Sami Al Jaber : Kami sangat beruntung karena ini pertama kalinya kami bermain dalam Pertandingan Pembukaan Piala Dunia. Jutaan orang akan menonton untuk melihat bagaimana Arab Saudi maju setelah absen lama. Ini adalah pertandingan yang sangat saya sukai.
Tidak mudah untuk menghadapi Rusia di Moskow, bagaimana dengan presiden di sana dan semua penggemar, tapi ini akan menjadi kesempatan yang unik. Pertandingan itu bisa menjadi langkah awal menuju kualifikasi babak kedua atau hanya kenangan tak terlupakan.

***************************************

Tiga hal yang perlu Anda ketahui tentang karir internasional Al Jaber:
Meain 156 caps untuk Arab Saudi dan mencetak 46 gol
Karir internasionalnya berlangsung 13 tahun dan 285 hari
Bermain di empat Piala Dunia, mencetak tiga gol dalam semua pertandingan, yang pertama melawan Maroko di AS 1994



Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Jadwal lengkap seluruh pertandingan Piala Dunia 2018

Rusia siap menyambut Peserta dan Suporter Piala Dunia 2018
SUPORTER CANTIK

Salah satu daya tarik olahraga paling diminati ini, adalah suporter cantik yang selalu hadir untuk memberi dukungan

Suporter Cantik dari Tunisia ini tertangkap kamera saat memberikan dukungan kepada Tim Nasional