Sabtu, 24 Februari 2018

Pele: Neymar siap menjadi pemimpin Brasil




















Ketika dia masih muda dan orang-orang memanggilnya 'Pele', Edson Arantes do Nascimento menangis tentang julukan itu selama berbulan-bulan. Tidak lama kemudian ia membayangkan bahwa kedua suku kata itu akan identik secara internasional dengan kebesaran sepakbola.

"Ayah saya telah menamai saya Edson setelah Thomas Edison, penemu hebat, dan saya benar-benar bangga akan hal itu! Saya tidak ingin ada hubungannya dengan Pele," dia terkekeh. Namun, ia menemukan cara untuk menyalurkan kemarahan ini ke dalam efek yang menghancurkan di lapangan sepak bola, dan tidak terlalu lama, ia telah menjadi salah satu pemain paling dikenal di planet ini.

Dekade lalu,  dengan tiga kali memenangkan Piala Dunia, O Rei tampaknya telah membuat perdamaian dengan nama panggilannya. "Singkatnya, mudah menempel pada pikiran orang," akunya, saat ia melihat kembali pencapaian pribadinya dalam sepak bola.

Dia mungkin telah kehilangan garis kecepatan sejak masa jayanya, namun perasaan Pele tetap hangat dan mengasyikkan seperti sebelumnya. Dia berbicara kepada kami tentang hari-hari awalnya dan tantangan yang dia hadapi di tim nasional, cita-citanya yang paling berkesan, superstar Brasil saat ini Neymar, dan apa yang ada di tim A Seleccao di Piala Dunia FIFA 2018 Rusia ™.

FIFA.com: Pada usia 77 tahun, nama Anda tetap identik dengan FIFA World Cup. Bisakah Anda meringkas apa yang dimaksud turnamen ini bagi Anda selama ini?
Pele: Anda benar, saya punya banyak cerita di Piala Dunia! Kami tidak pernah memiliki semua cara kami sendiri di turnamen ini, tapi kami selalu tampil di puncak. 1958 adalah mimpi: Saya anak kecil, dan tidak ada yang berpikir bisa pergi jauh. Mereka biasa menanyai Vicente Feola, menanyakan bagaimana dia berharap bisa memenangkan Piala Dunia di Swedia bersama pemain berusia 17 tahun dalam tim. Tapi kami melakukannya! Kemudian pada tahun 1962, ketika Brasil dalam kondisi bagus, saya cedera, tapi kami masih berhasil memenangkan turnamen. Saya bermain setiap pertandingan di tahun 1970. Ini menyelesaikan siklus yang sempurna untuk saya: Saya memulai dan menyelesaikannya sebagai juara.

Di final melawan Swedia pada tahun 1958, Anda mencetak gol legendaris setelah membalik bola di atas kepala bek di daerah tersebut. Pada saat yang tepat apakah yang bergerak dihatimu?
Saya akan berbohong jika saya mengatakan bahwa itu semua sudah direncanakan. Itu spontan. Syukurlah, itu adalah salah satu kekuatan saya sebagai pemain: improvisasi, kemampuan untuk mengemukakan hal-hal baru. Tepat pada saat itu, saya harus bertindak cepat. Aku berhasil mengendalikan bola di dadaku tapi, mengingat bek itu datang untuk menekanku dengan mengangkat kakinya, aku harus membalikkannya di atasnya. Itu berasal dari Tuhan. Aku tidak punya waktu untuk memikirkannya!
Sebaliknya, tujuan Anda menuju Italia di final Meksiko 1970 adalah pencetak gol klasik.
Kami biasa mengerjakan hal itu dalam pelatihan. Bukan keseluruhan gerakan, jelas, tapi pastinya posisinya. Kami memiliki lemparan ke dalam dan kami tahu itu, alih-alih melayang ke arah bola seperti kebanyakan pemain, kami harus melaju ke sisi yang jauh dan menunggu. Saat perpindahanbola ke sayap kiri, saya menunggu sedikit lagi ke belakang di sebelah kanan. Rivelino dan aku bergabung untuk yang satu itu. Pada akhirnya, itu terjadi secara kebetulan, tapi kami akan mengerjakannya dengan baik.

Dapatkah Anda mengingat header itu sendiri?
Tentu saja. Itu adalah sesuatu yang berlari dalam keluarga. Ayahku, yang juga pesepakbola, mencetak banyak gol dengan kepalanya. Saya selalu ingin meniru dia. Saya tidak terlalu tinggi, tapi saya memiliki kekuatan yang bagus di kaki saya. Ayah saya selalu mengatakan kepada saya: "Sebagian besar pemain menutup mata saat mereka menunggu bola. Ketika bola melaju ke arah kamu, buka lebar mata kamu dan pilih di mana kamu ingin meletakkannya." Saya banyak mengerjakannya dan , akibatnya, saya mencetak banyak gol dengan cara itu. 

Tapi tidak selalu berhasil, kan? Orang-orang masih mengambil tentang save oleh Gordon Banks!
Tentu, ini adalah kesempatan yang sama.

Brasil memiliki serangkaian tim hebat antara tahun 1950an dan 1970an. Apakah ada perasaan bahwa Anda lebih baik dari pada yang lain?
Ini adalah saat yang tepat bagi Brasil, dengan pemain muda seperti Garrincha, Didi, dan Zito. Untuk era itu, tim sangat terorganisasi dengan baik. Saya ingat Vicente Feola berkata kepada kami: "Saya tahu apa yang saya bicarakan: Saya lebih tua dari Anda, saya adalah pelatih. Pastikan satu hal, Anda adalah tim terbaik di dunia. untuk menghormati masing-masing lawan Anda. Jangan berpikir sejenak bahwa Anda hanya perlu muncul untuk menang Anda harus pergi ke sana dengan mentalitas mendapatkan rasa hormat dari lawan Anda .. " Saya masih ingat kata-katanya hari ini; dia adalah profesor kami yang agung.

Turnamen tahun ini akan digelar di Rusia. Apakah Brasil memiliki apa yang dibutuhkan untuk menjadi juara?
Brasil selalu memiliki tim yang mampu memenangkan Piala Dunia.  Mayoritas pemain Brasil berbasis di luar negeri. Itu sangat berbeda kembali di zaman kita. Kami memiliki lebih banyak waktu. Ini membuat hidup sangat sulit bagi staf pelatih, karena sulit membangun tim. Hal-hal telah berubah, tidak semudah mengatakan 'ini akan menjadi tim kami'. Tapi secara individu, saya tidak ragu bahwa pemain terbaik di dunia adalah orang Brasil.

Apakah mereka favorit untuk juara?
Selalu! Jika Brazil diberi waktu untuk mempersiapkan diri, mereka akan selalu mampu memenangkan Piala Dunia.

Apa tim lain yang harus kita ingat?
Anda harus selalu menghormati Jerman. Bahkan Rusia, yang memiliki tim kuat dan akan memiliki keuntungan bermain di kandang sendiri. Dalam hal Amerika Latin, Argentina

Akankah Neymar menjadi orang yang membawa Brasil ke puncak?
Neymar telah mengubah cara dia bermain dengan tim nasional. Dia harus melakukannya. Di sisi klubnya, dia bermain sebagai penyerang sisi kiri, sedangkan untuk Brasil, dia bermain lebih terpusat, sebagai No10 yang lebih tradisional. Itu sulit, tapi dia berhasil mengadaptasi permainannya. Jika melihat-lihat dunia, yang menonjol adalah Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Neymar. Tidak ada superstar lainnya. Yang penting adalah agar tim nasional bisa terorganisir dengan baik sebagai grup karena mereka memiliki lebih banyak atau sedikit pemain top untuk setiap posisi. Hal yang sama berlaku untuk Jerman, yang penekanannya lebih pada kolektif. Sebelumnya, itu adalah individu yang paling berarti, tapi banyak berubah. Semuanya sangat mirip akhir-akhir ini.

Apakah dia terlihat siap menjadi pemimpin tim ini?
Dia sudah siap, ya. Dia mungkin menemukan bahwa peralihan taktis dari klubnya ke tim nasional tidak langsung, tapi Neymar adalah pemain kunci Brasil. Dia harus mempersiapkan diri untuk itu. Dan saya akan melangkah lebih jauh: bagi saya, secara teknis, dia sudah menjadi pemain terbaik di dunia. Aku benar-benar yakin akan hal itu.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar


Jadwal lengkap seluruh pertandingan Piala Dunia 2018

Rusia siap menyambut Peserta dan Suporter Piala Dunia 2018
SUPORTER CANTIK

Salah satu daya tarik olahraga paling diminati ini, adalah suporter cantik yang selalu hadir untuk memberi dukungan

Suporter Cantik dari Tunisia ini tertangkap kamera saat memberikan dukungan kepada Tim Nasional